UKM ROBOTIKA PNC IKUT KONTES ROBOT INDONESIA (KRI)

Kontes Robot Indonesia (KRI) adalah ajang kompetisi rancang bangun dan rekayasa dalam bidang robotika.  KRI diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional,  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. ​Kontes Robot Indonesia ini diikuti oleh tim mahasiswa pada Perguruan Tinggi yang tercatat di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi.

Wabah Covid-19 yang melanda seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia, mengubah cara hidup dan berkegiatan seluruh umat manusia saat ini. Rangkaian kegiatan Kontes Robot Indonesia (KRI) 2020 yang sudah mulai berjalan sejak awal tahun 2020 turut terdampak. Untuk tetap menjaga semangat calon peserta KRI 2020 yang telah mempersiapkan diri untuk berpartisipasi pada kegiatan KRI ini, maka Pusat Prestasi Nasional mencoba untuk tetap menyelenggarakan kegiatan Kontes Robot Indonesia 2020, dengan menyesuaikan kembali aturan kontes sesuai dengan kondisi pandemi Covid-19 ini.

Kegiatan KRI 2020 pada masa pandemi berubah konsep, aturan kontes dan pelaksanaannya. KRI yang semula merupakan kegiatan kontes luring (offline di perguruan tinggi host) berubah menjadi kontes daring (online), dengan mempertandingkan 5 (lima) divisi, yaitu:

  1. Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI),
  2. Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda,
  3. Kontes Robot Sepak Bola Indonesia(KRSBI) Humanoid,
  4. Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI),
  5. Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI).

KRI Daring 2020 pada masa pandemi tetap akan diselenggarakan secara bertahap dimulai dengan Kontes Tingkat Wilayah yang diselenggarakan di 2 (dua) wilayah. Wilayah I mencakup Indonesia bagian Barat dan Wilayah II mencakup Indonesia bagian Timur. Sejumlah tim terbaik pada Kontes Tingkat Wilayah akan diundang untuk ikut serta pada Kontes Robot Indonesia 2020 Tingkat Nasional.
Pada KRI yang dilakukan secara daring ini, tim peserta menampilkan robotnya di kampus masing-masing, yang ditayangkan secara daring melalui mekanisme video conferencing.

Menurut Pembina Tim Robotika PNC – Arif Ainur Rafiq, ST.,MT.,M.Sc pada kontes robot kali ini PNC mengikuti 2 kategori yaitu:

  1. Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) dengan Tim IdeasFire 1.2
  2. Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda, dengan Tim Ideassoccer 1.2

Berdasarkan Surat Nomor 1234/J3/TU/2020 dari Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tim robotika PNC lolos untuk mengikuti selesksi tahap 2 yang diselenggarakan tanggal 25-26 September 2020.

Berdasarkan surat Nomor 1866/J3/TU/2020 Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tim robotika PNC lolos untuk mengikuti lomba tingkat regional wilayah yang akan diselenggarakan pada tanggal 5-8 Oktober 2020.

Kami Tim Robotika PNC mengharapkan dukungan dan doa untuk dapat mengikuti lomba dengan hasil yang maksimal dan optimal. Sehingga dapat membawa nama baik PNC dalam ajang robotika di tingkat wilayah maupun nasional.

 

 

 

Leave a Reply