TINGKATKAN POTENSI WISATA DESA WIDARAPAYUNG, TIM PKM PNC KEMBANGKAN WEBSITE WISATA

Desa Widarapayung Wetan terletak di kecamatan Binangun, kabupaten Cilacap, provinsi Jawa Tengah, merupakan desa kecil yang strategis dan berpotensi, terutama pada sektor wisata alam, yaitu adanya pantai selatan yang indah. Untuk meningkatkan dan lebih memperkenalkan potensiwisata , Tim PKM PNC adakan Pelatihan pembuatan Website dan Pelatihan English for Tourism dengan tujuan untuk mengembangkan Potensi dan Keahlian berbahasa Asing Kader pokdarwis.

Humas PNC-Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu kegiatan dari dari Tridharma Perguruan Tinggi di samping dharma pendidikan dan penelitian. Pengabdian Kepada Masyarakat adalah suatu bentuk kegiatan yang ditujukan untuk memberi bantuan kepada masyarakat tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun, dan dirancang untuk dilaksanakan oleh perguruan tinggi di Indonesia guna memberikan kontribusi nyata bagi bangsa. Adanya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat diharapkan selalu ada keterkaitan antara perguruan tinggi dan masyarakat. Setiap tahun, PNC memusatkan kegiatan PKM yang didanai internal pada lokasi tertentu di kabupaten Cilacap. Pada tahun 2021, lokasi kegiatan PKM dilakukan di desa Widarapayung Wetan. Desa Widarapayung Wetan terletak di kecamatan Binangun, kabupaten Cilacap, provinsi Jawa Tengah. Desa Widarapayung Wetan merupakan desa kecil yang strategis dan berpotensi, terutama pada sektor wisata alam, yaitu adanya pantai selatan yang indah. Desa Widarapayung Wetan belum mempunyai website wisata yang berkualitas, menarik, serta informatif, yang digunakan untuk mempromosikan potensi wisata desa tersebut. Hal ini disebabkan pengetahuan dan pemahaman dari pengurus wisata dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) desa Widarapayung Wetan yang kurang tentang pengelolaan website desa wisata dan kontennya untuk mempromosikan potensi wisata desa Widarapayung Wetan.
Pembuatan website yang lebih menarik dan informatif, untuk pengenalan dan promosi potensi desa wisata berbasis web. Adapun website yang dibangun haruslah website yang menarik, sehingga ketika pengunjung website membuka website wisata desa Widarapayung Wetan tersebut, maka pengunjung dapat merasa nyaman, sehingga tingkat kunjungan website menjadi meningkat dan menaikkan popularitas website. Selain itu, website juga memberikan informasi yang lengkap, sehingga pengunjung mendapatkan informasi terkait destinasi wisata, kuliner, pertunjukan dan upacara adat terkait seni dan budaya desa, akomodasi, dan sebagainya. Kegiatan pengembangan dan pelatihan Sistem Informasi Desa Wisata berbasis website oleh tim pelaksana PKM dari Politeknik Negeri Cilacap. Kegiatan ini dilakukan dalam beberapa tahap, antara lain tahap analisis kebutuhan pengguna dan informasi website, tahap mendesain website, serta tahap meminta feedback/masukan dari pengguna website, terutama Pokdarwis desa Widarapayung Wetan.
Kurangnya keahlian pelaku wisata dalam menggunakan dan memahami bahasa asing, khususnya bahasa Inggris dirasa masih kurang, sehingga kegiatan promosi potensi wisata di desa Widarapayung Wetan, khususnya kepada wisatawan mancanegara menjadi terhambat. Maka diadakan pelatihan bahasa inggris bagi Pokdarwis untuk meningkatkan daya saing dan meningkatkan pemanfaatan website desa wisata. Pelatihan Bahasa Inggris Kepariwisataani diadakan tanggal 30 Agustus 2021 dan 29 September 2021. Pelatihan dilakukan di balai desa Widarapayung Wetan dengan tema “English for Tourism”. -(Jtmk)

 

Leave a Reply