Solusi ditengah Pandemi Covid-19 Tim Pengabdian Politeknik Negeri Cilacap Mengadakan Pelatihan Pemasaran Online

Humas PNC – Tim Pengabdian Politeknik  Negeri Cilacap yang diketuai pleh Riyadi Purwanto dan beranggotakan Ratih Hafsarah, Oman Sumantri, Linda Perdanawanti dan Fadillah, telah mengadakan Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing  Sebagai Media Informasi Pemasaran Online Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Paguyuban Petani Hortikultura Cilacap.

Pelatihan tersebut dilakukan secara bertahap, tahap pertama dilakukan pada tanggal 3 Oktober 2020 di PHC Distrik Cilacap, sedangkan tahap kedua diadakan di PHC Distrik Kroya pada tanggal 8 Desember 2020.

Ketua Tim Pengabdian, Riyadi Purwanto mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk  implementasi dari hasil penelitian yang dilaksanakan oleh Tim Dosen Politeknik Negeri Cilacap.

“Pelatihan ini diharapkan dapat membantu para anggota PHC untuk tetap dapat memasarkan hasil usaha taninya setelah kegiatan lapak petani terhenti sejak terjadi pandemi Covid 19,” katanya saat sambutan.

Dari hasil pelatihan, lanjut Riyadi, para anggota PHC telah mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pemanfaatan internet, sebagai media untuk menjual produk secara online di PHC.

“Peserta yang menghadiri pelatihan telah berhasil membuat mempergunakan aplikasi digital marketing yang telah dibuat oleh tim PKM,” lanjutnya.

Riyadi mengatakan, sebelum pandemi, PHC Kabupaten Cilacap secara rutin melaksanakan kegiatan lapak petani pada setiap Sabtu dan Minggu di acara car free day (CFD) di alun-alun Kabupaten Cilacap.

“Karena pandemi kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk pelatihan pengelolaan market place. Tujuannya agar hasil usaha tani anggota PHC tetap dapat di pasarkan dengan cara online, yang diharapkan tidak hanya menjangkau daerah Kabupaten Cilacap saja tetapi juga di luar Kabupaten Cilacap,” pungkasnya (jtmk)

Leave a Reply