SEBANYAK 256 MAHASISWA PNC ANGKATAN KE IX DIWISUDA

Humas PNC – Sabtu (02/11/2019) Bertempat di Patra Graha Pertamina Cilacap, Politeknik Negeri Cilacap, kembali mewisuda 256 mahasiswa angkatan IX, . Sampai dengan saat ini, Politeknik Negeri Cilacap  telah berhasil meluluskan mahasiswa sebanyak 1372. 

Pada pelaksanaan wisuda ke 9 ini sebanyak 256 mahasiswa terdiri dari, Diploma III Teknik Informatika 76 orang, Diploma III Teknik Elektronika 76 orang, Diploma III Teknik Mesin 69 orang, Diploma Teknik Listrik 19 orang, Diploma II Teknik Mesin Pertanian 10 orang, dan Diploma II Teknik Mesin Perikanan 6 orang.

Dalam sambutannya, Direktur Politeknik Negeri Cilacap, Dr. Ir. Aris Tjahyanto, M.Kom mengatakan, mereka telah dibekali dengan kompetensi, sesuai jurusan masing-masing, dengan harapan semuanya dapat berperan didunia kerja yang penuh dengan persaingan.

“Terlebih lagi pada era revolusi industry 4.0, dimana teknologi informasi dan komunikasi memiliki peran utama tidak hanya dalam proses produksi, melainkan  pada semua mata rantai industri, sehingga melahirkan bussines model baru, dengan basis digitalisasi, guna mencapai efisiensi dan kualitas produk yang lebih baik,” kata beliau.

Selain itu, sektor industri nasional memerlukan banyak pembenahan, terutama dalam penguasaan teknologi  yang menjadi penentu daya saing di era industry 4.0. adapun teknologi utama yang menopang pembangunan industry 4.0.

Yang lebih membanggakan, Aris menyampaikan, pada tahun ini juga salah satu mahasiswa bidikmisi Politeknik Negeri Cilacap jurusan Teknik Mesin, Salyan Alqosimi berpartisipasi sebagai Competitor Welding In 45th World Skill Competition di Kazan, Rusia. 

Selain itu, Tim Robot Politeknik Negeri Cilacap yang bernama Ideas Soccer berhasil masuk ke tingkat nasional yang diselenggarakan di universitas Dian Nuswantoro Semarang pada tanggal 22-23 Juni 2019, kategori KRSBI Beroda, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Beroda.

“Tahun ajaran 2019/2020 kita menerima sebanyak 383 mahasiswa, rinciannya D3 Teknik Elektronika 72, D3 Teknik Informatika 96,  D3 Teknik Mesin 96, D3 Teknik Listrik 48, Sarjana Terapan Teknik Pengendalian Pencemaran Lingkungan 71. Sementara untuk penerima bidikmisi sebanyak 134 mahasiswa,” terangnya.

Dia menjelaskan, beberapa kegiatan yang telah dilakukan Politeknik Negeri Cilacap dalam kurun waktu dua tahun terakhir ini. Diantaranya, Re-Akreditasi Program Studi D3 Teknik Informatika, dengan hasil akreditasi B, Re-Akreditasi D3 Teknik Elektro dengan hasil B, Akreditasi Program Studi D3 Teknik Listrik dengan hasil akreditasi C.

Selanjutnya, pembentukan BKK Career Development Center (CDC) dengan persetujuan dari Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian Kabupaten Ciacap,

“Politeknik Negeri Cilacap juga menerima hibah Gedung Olahraga  dari Pemerintah Daerah Kabupaten Cilacap, sesuai dengan BAST Antara Pemerintah Kabupaten Cilacap dengan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi,” jelas Direktur.

Tak hanya itu, berbagai upaya juga dilakukan untuk mengurai benang kusut dan peningkatan kinerja telah dilakukan sedikit demi sedikit. Bahkan rencananya, PNC akan membentuk program studi baru, D4 Multimedia, D4 Keamanan Saiber, D4 Agribisnis, D4 Energi Terbarukan dan lainnya.

“Beberapa kegiatan ini sedang dalam proses dan akan dikerjakan pada tahun berikutnya,” ujar dia.

Hal tersebut dilakukan, sebagai usaha demi perbaikan Politeknik Negeri Cilacap. Guna menwujudkan Politeknik Negeri Cilacap yang lebih maju.

“Ini tidak hanya menjadi tugas kami yang bekerja di Politeknik Negeri Cilacap, tetapi menjadi tugas kita bersama, sebagai masyarakat kota Cilacap pada khususnya. Maka kami perlu dukungan dan doá dari semuanya, khususnya masyarakat Cilacap,” imbuh Direktur. Dia berharap, para lulusan Politeknik Negeri Cilacap bisa berkarya dan menjadi pelopor kemajuan teknologi untuk bangsa Indonesia tercinta.

#Biasakan Yang Benar, Jangan Benarkan Yang Biasa

Leave a Reply