PNC Implementasikan Nurse Call Berbasis Android di Klinik Nahdatul Ulama-Maos Untuk Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan di Masa Pandemi

(Humas-PNC), Tim Pengabdian Kepadsa Masyarakat (PKM) yang terdiri dari dosen Politeknik Negeri Cilacap, menerapkan sistem nurse call berbasis internet protocol di Klinik Nahdatul Ulama (NU) Maos, Cilacap. Klinik pratama yang diselenggarakan oleh Yayasan umat ini memiliki 5 ruang rawat inap dengan kapasitas tampung sampai dengan 9 orang. Tim dosen PNC yang diketuai oleh Purwiyanto melaksanakan sosialiasi dan pelatihan penggunaan sistem nurse call pada tanggal 14 November 2020, untuk memastikan para staff klinik Nahdatul Ulama (NU)  Maos sudah memahami dan dapat menggunakannya dalam upaya peningkatan pelayanan klinik NU Maos.

Penandatanganan Berita Acara Penyerahan Alat/Aplikasi Nurse Call berbasis Android antara Tim Pengabdian PNC kepada Direktur Klinik NU Maos. Keterangan Foto : Dari kiri Sari Widya Utami -Anggota PKM PNC, Ketua Pelaksana Purwiyanto, dan Dr. Lini Nur’aini – Direktur Klinik NU, Maos

Ditengah pandemi virus Corona seperti saat ini, jumlah penunggu pasien sangat dibatasi. Keberadaan sistem pemanggilan perawat sangat dibutuhkan sehingga pasien dapat melakukan pemanggilan secara mandiri melalui alat nursecall.  Implementasi teknologi tersebut  membantu perawat dan dokter untuk memberikan pelayanan yang prima. Selain itu, waktu tunggu pelayanan terutama dalam pemanggilan perawat oleh pasien dan penanganan dapat dipermudah dan dipercepat.

Ketua Pelaksana Tim, Purwiyanto menyampaikan “Kegiatan ini merupakan implementasi dari hasil riset yang dilakukan oleh tim, agar bermanfaat ditengah-tengah pandemi COVID-19”. Bersama dengan tim yang terdiri dari Cahya Vikasari, Sari Widya Utami dan Galih Mustiko Aji, mengembangkan Sistem Nurse Call tanpa kabel dan dapat dipantau dari handphone Android milik Perawat atau Dokter.

“Pasien cukup menekan tombol CALL pada terminal yang berada diruang rawat inap, maka akan membunyikan alarm di ruang perawat ataupun di handphone perawat/dokter. Indikator akan berhenti ketika perawat datang ke ruang rawat inap dan menekan tombol RESET yang menandakan perawat telah memberikan pelayanan kepada pasien” jelas Cahya Vikasari dalam sesi pelatihan.

Penerapan teknologi nurse call di klinik NU Maos tersebut dapat memberikan nilai tambah dalam hal pelayanan. Alat nurse call juga dapat digunakan untuk melakukan monitoring keadaan pasien yang sedang dirawat diklinik. Direktur klinik Dr. Lini Nur’aini menyampaikan terima kasih dan berharap akan lebih banyak inovasi-inovasi lain yang bisa diterapkan di Klinik NU Maos Cilacap. (jtmk)

Galih Mustiko Aji , sedang memberikan pelatihan Aplikasi Nurse Call kepada Tim Medis (Perawat)
Dr. Lini Nur’aini sedang memberikan sambutan dan pengarahan kepada peserta pelatihan di dampingi oleh Cahya Vikasari-Anggota Tim PKM PNC

Leave a Reply