PERKETAT PROTOKOL KESEHATAN PNC LAKSANAKAN WISUDA DIPLOMA 3 ANGKATAN KE X TAHUN AKADEMIK 2020/2021 SECARA OFFLINE DAN ONLINE

(Humas-PNC), Ada yang berbeda pelaksanaan wisuda kali ini dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana pada wisuda ke X tahun 2020 ini dilaksanakan ditengah tengah suasana pandemi COVID-19 yang belum jelas adanya tanda-tanda kapan akan segera berakhir, pelaksanaan wisuda yang biasanya ramai dengan selebrasi dari orang tua maupun kerabat para wisudawan/i menjadi berubah. Pelaksanaan wisuda sebagai agenda sakral perkuliahan dikebanyakan perguruan tinggi dilakukan secara Online.

PNC mendapatkan izin dari pemerintah Kabupaten Cilacap untuk wisuda secara Offline dan Online, dengan kuota wisuda secara Offline maksimal 150 calon wisudawan. Pelaksanaan wisuda Diploma 3 Angkatan ke X ini dilakukan secara Offline dan Online pada hari Kamis (19/11) di Halaman Kampus PNC dan  acara wisuda dilakukan melalui platform Zoom Meeting dan livestreaming di akun Youtube PNC

Direktur PNC Dr. Ir. Aris Tjahyanto, M.Kom

Direktur PNC, Dr.Ir. Aris Tjahyanto, M.Kom., dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan atas keberhasilan anda menyelesaikan proses pendidikan di Politeknik Negeri Cilacap. Keberhasilan dalam pendidikan ini, tentunya tidak terlepas dari kerja keras mahasiswa serta dukungan dari orang tua/wali wisudawan sekalian. Pada kesempatan ini juga, ijinkan saya menyampaikan penghargaan dan terimakasih sebesar-besarnya kepada seluruh dosen, Pranata Laboran Pendidikan, staff administrasi serta semua pegawai Politeknik Negeri Cilacap, atas kesabaran, keikhlasan serta kesungguhannya dalam membimbing dan melayani mahasiswa. Pada wisuda angkatan ke X Politeknik Negeri Cilacap tahun 2020 mewisuda sebanyak 244 orang, dengan rincian Diploma III Teknik Informatika 70 orang, Diploma III Teknik Elektronika 77 orang, Diploma III Teknik Mesin 76 orang, Diploma Teknik Listrik 20 orang, dan Diploma II Teknik Mesin Perikanan 1 orang  yang kesemuanya telah dibekali dengan kompetensi, sesuai jurusan masing-masing, dengan harapan semuanya dapat berperan didunia kerja yang penuh dengan persaingan. Sampai hari  ini, lulusan Politeknik Negeri Cilacap  berjumlah 1615.

Selanjut Direktur juga menyampaikan bahwa pada Penerimaan Mahasiswa Tahun Akademik 2020/2021 PNC menrima sebanyak 426 mahasiswa, dengan rincian  D3 Teknik Elektronika 75, D3 Teknik Informatika 100,  D3 Teknik Mesin 98, D3 Teknik Listrik 49, Sarjana Terapan Teknik Pengendalian Pencemaran Lingkungan 77, Sarjana Terapan Pengembangan Produk Agroindustri 27. Dan Penerima beasiswa KIP mahasiswa baru tahun 2020/2021 sebanyak 97 mahasiswa.

Kemudian oleh beliau juga disampaikan beberapa kegiatan yang telah dilakukan dalam kurun dua tahun terakhir yaitu;

1.     Pembangunan Gedung Kuliah Bersama 5 Lantai yang rencana akan diresmikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi pada bulan Januari 2021.

2.     Pada tahun ini Politeknik Negeri Cilacap telah melaksanakan perjanjian kerjasama dengan 6 perguruan tinggi luar negeri diantaranya yaitu :

–   National Yunlin University of Science anf Technology Taiwan

–   National Dong Hwa University Taiwan

–   University Malaysia Pahang

–   Politeknik Jeli Kelantan Malaysia

–   Politeknik Kota Bharu Malaysia

–   National Kaohsiung University Of Science And Technology Taiwan

3.     Re-Akreditasi Program Studi D3 Teknik Informatika, dengan hasil akreditasi B, Re-Akreditasi D3 Teknik Elektro dengan hasil B, Akreditasi Program Studi D3 Teknik Listrik dengan hasil akreditasi C;

4.     Politeknik Negeri Cilacap juga menerima hibah Gedung Olahraga dari Pemerintah Daerah Kabupaten Cilacap, sesuai dengan BAST Antara Pemerintah Kabupaten Cilacap dengan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi No. 028/6068/VII/4D/2019 dan No. T/135/A.A3/PL.02.02/2019

5.     Politeknik Negeri Cilacap juga mendapatkan bantuan Program Penguatan Pendidikan Tinggi Vokasi (PPPTV) untuk pengembangan program studi teknik mesin.

6.     Pembentukan BKK Career Development Center (CDC) dengan persetujuan dari Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian Kabupaten Ciacap, berdasarkan Surat Tanda Daftar Bursa Kerja Khusus Nomor : 562.31/619/IV/32.

Selain itu disampaikan pula Beberapa kegiatan yang sedang dalam proses dan akan dikerjakan pada tahun berikutnya adalah:

1. Pembentukan program studi baru antara lain :  D4 Multimedia, D4 Keamanan Saiber, D4 Energi Terbarukan dll.

2. Akreditasi Program Studi D4 Teknik Pengendalian Pencemaran Lingkungan.

3. Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi

4. Pembangunan gedung kuliah D4 Teknik Pengendalian Pencemaran Lingkungan, Gedung kuliah D3 Teknik Informatika dengan dana SBSN 2021

5. Desain ulang gedung olahraga.

Dalam akhir sambutannya beliau menyampaikan penghargaan dan terimakasih atas segala dukungan, bantuan, saran, masukan bahkan kritik guna membangun Politeknik yang lebih baik.

Kepada para wisudawan, sekali lagi saya ucapkan selamat atas keberhasilan yang telah anda raih, tidak lupa saya ucapkan selamat berkarya dan menjadi pelopor kemajuan teknologi untuk bangsa Indonesia tercinta. Kepada orang tua wisudawan, saya ucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Politeknik Negeri Cilacap untuk memberikan bekal kepada putra-putri sekalian, serta selamat atas keberhasilan bapak ibu dalam mendidik putra-putrinya, semoga doá, usaha dan tetesan keringat bapak dan ibu semua menjadi ladang pahala dari Alloh SWT. Amin. (jtmk)

Dr.Eng. Agus Santoso – Wakil Direktur I – Bidang Akademik

Sementara itu, Dr. Eng.Agus Santoso selaku Wakil Direktur I – Bidang Akademik menyampaikan Hasil Yudisium Program Diploma III dan Diploma II sesuai dengan Surat Keputusan Direktur Politeknik Negeri Cilacap Nomor 245/PL43/HK.02/2020 Tanggal 13 Oktober 2020 sebagai berikut :

  1. Jumlah wisudawan/wisudawati

Jumlah lulusan yang diwisuda pada hari ini sebanyak 244 orang (L : 160 dan P : 83), dengan perincian sebagai berikut ;

No Program Studi Jumlah
1 Diploma III Teknik Informatika 70 Orang
2 Diploma III Teknik Elektronika 77 Orang
3 Diploma III Teknik Mesin 76 Orang
4 Diploma III Teknik Listrik 20 Orang
5 Diploma III Teknik Mesin Perikanan 1 Orang

2.     Lulusan terbaik

Dari 244 orang lulusan hari ini dipilih lulusan terbaik dari masing masing program studi, sebagai berikut ;

No Program Studi Nama IPK
1 Teknik Informatika Novita Amalia 3.84
2 Teknik Elektronika Rafli Krisdianto 3.76
3 Teknik Mesin Fikri Aziz Saputra 3.73
4 Teknik Listrik Rafiq Subarkah 3.81

3.   Lulusan Cumlaude

Dari 244 orang lulusan juga dipilih lulusan dengan predikat cumlaude dari masing-masing program studi dengan jumlah total sebanyak 61 orang, dengan perincian sebagai berikut :

No Program Studi Jumlah
1 Diploma 3 Teknik Informatika 35 orang
2 Diploma 3 Teknik Elektronika 13 orang
3 Diploma 3 Teknik Mesin 9 orang
4 Diploma 3 Teknik Listrik 4 orang
       

4.  Jumlah Lulusan Politeknik Negeri Cilacap sampai dengan saat ini :

No Program Studi Jumlah
1 Diploma III Teknik Informatika 669 orang
2 Diploma III Teknik Elektronika 361 orang
3 Diploma III Teknik Mesin 507 orang
4 Diploma III Teknik Listrik 39 orang
5 Diploma III Teknik Mesin Perikanan 18 orang
6 Diploma III Teknik Mesin Perikanan 21 orang

 

 

  •  

 

 

Leave a Reply