Pendampingan Pengelolaan Limbah Pertanian Menjadi Kompos Pada Kelompok Usaha Bersama BSM “SUBUR”

Pusat Penelitian dan  Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik Negeri Cilacap  menggelar Program Pengabdian Bagi Penerapan Teknologi Tahun Anggaran 2019 dengan dana berasal dari DIPA Politeknik Negeri Cilacap.

PKM itu mengusung program Pendampingan Pengelolaan Limbah Pertanian Menjadi Kompos Pada Kelompok Usaha Bersama BSM “SUBUR”  yang berlokasi di jalan melon kelurahan Tambakreja Cilacap Selatan.

Kegiatan PKM ini di Kegiatan pengabdian ini diketuai  oleh Fadillah, S.P., M.P., beserta Ipung Kurniawan, S.T., M.T., Ganjar Ndaru Ikhtiagung, S.E., M.M dan Dr. Eng. Agus Santoso, M.T., sebagai anggota serta  melibatkan mahasiswa dari Jurusan  Teknik Mesin.

Tujuan dari program pengabdian kepada masyarakat dengan mitra KUBE BSM “SUBUR adalah meningkatkan kinerja dalam pengelolaan timbulan limbah pertanian sehingga dapat memberikan keuntungan secara ekonomis.

Ganjar Ndaru Ikhtiagung, S.E., M.M – Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat menyampaiakan semoga peralatan yang diberikan dapat membantu meningkatkan kinerja BSM Subur dalam menangani pengolahan sampah terutama sampah organik.

Manfaat dari program pengabdian kepada masyarakat, pengabdian bagi penerapan teknologi tahun anggaran 2019 dengan mitra Kelompok Usaha Bersama BSM “SUBUR” di kecamatan Tambakreja dengan  pemanfaatan mesin pencacah limbah pertanian dalam pengomposan untuk meningkatkan kinerja dalam mengatasi permasalahan terkait timbulan limbah pertanian serta meningkatkan partisipasi dan  kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan dan mengelola sampah menjadi bernilai ekonomis.

Bentuk Kegiatan Pengabdian ini berupa pemberian alat pencacah pupuk organik (APPO), Pendampingan dalam ujicoba/penggunaan mesin pencacah untuk menjamin aplikasi teknologi diterapkan secara tepat serta Pendampingan pemanfaatan hasil cacahan sebagai bahan dasar pembuatan kompos.

Leave a Reply