CILACAP (6/12/2022),  Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) – P1 selenggarakan Pelatihan dan Pengembangan Skema Sertifikasi LSP-P1 Politeknik Negeri Cilacap di ruang Serbaguna lt 5 Gedung Kuliah Bersama.  Pelatihan ini akan dilangsungkan selama 3 hari yaitu mulai tanggal 6-8 Desember 2022 yang diikuti oleh seluruh perwakilan prodi. Sebagai narasumber dalam kegiatan ini yaitu Hendi Rusdiansyah, S.T.,M.Eng selaku dosen dan Ketua LSP Politeknik Manufaktur Negeri Bandung. Pada acara pembukaan ini dihadiri pula oleh seluruh pengurus LSP PNC, Direktur PNC- Riyadi Purwanto, ST.,M.Eng dan Wakil Direktur I.- Dr.Eng. Agus Santoso.

Supriyono, S.T., M.T. selaku Sekretaris LSP-P1 Politeknik Negeri Cilacap yang mewakili Ketua LSP PNC Pujono, S.T.,M.Eng, menyampaikan laporan dan sekilas perkembangan LSP-P1 Politeknik Negeri Cilacap. Disampaikan oleh Supriyono bahwa LSP PNC berdiri sejak tahun 2015, hal ini berawal ketika PNC mendapatkan hibah dari ADB yaitu mulai tahun 2013 hingga 2019, dimana salah satu program kerjanya yaitu tentang pendirian lembaga sertifikasi profesi. “pada tahun 2018 PNC baru memperoleh lisensi LSP-P1 dari BNSP dan saat itu baru dua Prodi yaitu Prodi Teknik Mesin dan Prodi Teknik Elektronika, dan pada tahun 2019 sd 2022 Lembaga Sertifikasi Profesi-P1 Politeknik Negeri Cilacap sudah mulai adakan kegiatan sertifikasi pada dua prodi tersebut, sehingga prodi-prodi lain jarang melihat kegiatan yang dilakukan oleh LSP-P1” kata Supriyono.

“Ada dua tujuan dilaksanakan pelatihan, pertama PNC ingin mengembangkan skema sertifikasi untuk prodi-prodi selain Teknik Mesin dan Teknik Elektronika, sedangkan yang kedua PNC akan lakukan lisensi ulang, karena masanya sudah hampir berakhir, sehingga perlu pelatihan khususnya untuk prodi-prodi lainnya dalam rangka penambahan skema sertifikasi” imbuh Supriyono.