MAHASISWA TPPL PNC LAKUKAN AKSI GELAR KAMPUS HIJAU

Jumat, 10 Januari 2020 mahasiswa program studi teknik pengendalian pencemaran lingkungan (TPPL) PNC lakukan Aksi Gelar Kampus Hijau. Aksi ini diselenggarakan dalam rangka memperingati hari perencanaan gerakan sejuta pohon. Aksi gelar kampus hijau ini dilakukan dengan penanaman pohon dilingkungan kampus Politeknik Negeri Cilacap tepatnya di seputar kampus jurusan teknik elektronika. Turut hadir pada kegiatan penanaman pohon ini yaitu seluruh mahasiswa prodi TPPL, Dosen TPPL, Kabag, Kasubag dan Wakil Direktur III serta beberapa karyawan PNC.

Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan Andesita Prihantara, ST.,M.Eng sedang membuka acara penanaman pohon, didampingi oleh Kaprodi TPPL Taufan Ratri Haryanto, ST.,M.Eng dan Dosen TPPL.

Dalam sambutannya Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan Andesita Prihantara, ST.,M.Eng , pertama-tama menyampaikan pesan dari Direktur PNC agar kegiatan ini bisa terus berlanjut dan konsisten dalam rangka menjalankan gerakan sejuta pohon. Selanjutnya beliau menyampaikan apresiasinya kepada Mahasiswa TPPL yang telah melaksanakan aksi gelar kampus hijau dalam rangka gerakan sejuta pohon. Selain itu beliau juga sampaikan selamat atas terbentuknya Himpunan mahasiswa teknik lingkungan, dengan telah terbentuknya himpunan mahasiswa teknik lengkungan ini beliau berharap, kegiatan teknik lengkungan bisa bertambah baik , lebih bermanfaat dan dapat memberikan dampak atau pengaruh yang positif terhadap prestasi mahasiswa.

Penanaman pohon ini janganlah hanya sebatas seremonial saja, tapi hendaknya jangan hanyanya ditanam saja, tetapi harusnya di jaga dan dirawat. Tentu saja untuk merawat dan menjaganya adalah menjadi tanggung jawab bersama. Jika dirawat dan dijaga dengan baik, maka kita akan mendapatkan manfaatnya.

Sementara itu, Taufan Ratri Haryanto, ST.,M.Eng selaku Kaprodi Teknik Pengendalian Pencemaran Lingkungan (TPPL) mengatakan bahwa Program penanaman sejuta pohon ini merupakan kegiatan HMT lingkungan. Program ini sudah lama dicita-citakan. Inilah momen awal tahun dan kebetulan musim hujan. Kedepan program ini bisa dilaksanakan secara berkesinambungan. Moto program kegiatan ini yaitu “Memayu Hayuning Bawono” yaitu Mempercantik dunia yang sudah cantik. Penanaman pohon yang kita lakukan hari ini adalah jenis pohon Dodokan sebanyak 21 pohon yang telah secara sukarela di penuhi dari mahasiswa TPPL.

Untuk mencapai target sejuta pohon, kedepan akan menggandeng beberapa industri dan instansi terutama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), kita juga sudah lakukan pembicaraan dengan instansi dan DLH agar target sejuta pohon ini dapat terlaksana. Mudah-mudahan separo dari target, tahun ini segera terpenuhi.

Leave a Reply