Laporan Akhir Polytechnic Education Development Project (PEDP) Project Implementation Unit (PIU) PNC

Kamis, 19 Desember 2019 bertempat di Ruang Rapat Direksi, lantai 2 Politeknik Negeri Cilacap, telah dilakukan Penyampaian Laporan Akhir Polytechnic Education Development Project (PEDP) Project Implementation Unit (PIU) PNC yaitu oleh Manager PIU PNC Arif Ainur Rafik, S.T.,M.T dihadapan seluruh Jajaran Pimpinan.

Politeknik Negeri Cilacap (PNC) memperoleh hibah penguatan PHK-PMPP pada tahun 2017 – 2019. Dalam tiga tahun ini, PNC telah melaksanakan kegiatan sesuai fokus aktivitas yang sudah tersusun dalam proposal penguatan dan RPP yang disusun tiap tahunnya. Fokus utama pada tahun 2019 ini adalah penguatan pada peningkatan mutu dan relevansi melalui peningkatan mutu pada proses pembelajaran, selain itu juga pada penguatan untuk optimalisasi LSP di kedua program studi penerima hibah melalui peningkatan kapasitas peralatan laboratorium. Program pengembangan dan capacity development juga dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan penyelenggaraan sertifikasi melalui LSP dengan kedua skema yang sudah ada di PNC dan pelaksanaan asesmen RPL di prodi DIII Teknik Mesin.

Arif Ainur Rafik, S.T.,MT – Manager Project Implementation Unit (PIU) PNC sedang menyampaikan Laporan Akhir Polytechnic Education Development Project (PEDP) Project Implementation Unit (PIU) PNC yang dihadiri oleh seluruh jajaran Pimpinan Politeknik Negeri Cilacap

Total keseluruhan kontrak yang diterima oleh PNC untuk hibah penguatan ini (2017 – 2019) adalah sebesar Rp 8.258.212.589,00 yang dibedakan berdasarkan sumber dana, yaitu dana ADB sebesar Rp 8.258.212.589,00 dan dana Politeknik Negeri Cilacap sebesar Rp 329.412.410,00. Dari anggaran yang direncanakan, PNC berhasil merealisasikannya dari realisasi fisik  sebesar 100% dan realisasi keuangan sebesar 99,32 % atau setara dengan Rp 8.202.083.530,00.

Sementara untuk tahun 2019, PNC berhail melaksanakan seluruh program yang telah direncanakan saat awal tahun. Dengan total  anggaran 2019 sebesar Rp 2.516.170.000,00, PNC dapat merealisasika dengan perolehan realisasi fisik sebesar 100% dan realisasi keuangan sebesar 97,81 % atau setara dengan Rp 2.461.035.941,00.

Selama masa proyek penguatan 2017 – 2019, PNC melaksanakan beberapa program. Terdapat 10 paket pengadaan, diantaranya 8 paket pengadaan peralatan dan 2 paket pengadaan pekerjaan sipil. Selain program pengadaan, terdapat 16 paket kegiatan non pengadaan, diantaranya 5 program pelatihan tidak bergelar dalam negeri, 1 program pelatihan tidak bergelar luar negeri, 7 program pengembangan, dan 3 program workshop. Dari keseluruhan program tersebut, ada 1 program pelatihan tidak bergelar dalam negeri yang anggarannya tidak terserap, yaitu pelatihan Asesor kompetensi (RCC). Hal ini disebabkan karena pelaksanaan kegiatan tersebut dikelola secara terpusat oleh pihak PMU.

Indikator keberhasilan PIU PNC tidak hanya didasarkan pada keterserapan anggaran saja tetapi juga terkait dengan indicator project secara nasional. Jumlah sertifikasi mahasiswa pada  prodi penerima hibah melalui LSP P1 PNC adalah sebanyak 136 orang, dimana 62 mahasiswa mendapat sertifikat dari skema Desain CAD dan 74 mahasiswa mendapat sertifikat dari skema PLC. Sementara untuk jumlah mahasiswa yang masuk melalui jalur  RPL sudah mulai mendapatkan mahasiswa. Untuk angkatan pertama mahasiswa program RPL sebanyak 7 orang yang mulai berkuliah ada semester genap TA 2018/2019, sedangkan pada semester ganjil TA 2019/2020 mendapat tambahan mahasiswa sebanyak 2 orang.

Dengan menjalankan pogram ini diharapkan PIU PNC dapat memberikan kontribusi yang baik bagi penyelenggaraan Pendidikan vokasi di daerah dan juga memberikan nilai lebih pada project ini secara nasional dengan ketercapaian pada indikator keberhasilannya. Selain itu kemanfaatan dan keberlanjutan dari project ini dapat terus berjalan setelah berakhirnya nanti. Dengan berakhirnya Hibah PEDP tahun 2019 ini, keberlanjutan program dapat diteruskan dengan strategi dan cara yang tepat. Exit strategi yang dilaksanakan dapat menjamin program-program yang sudah dilaksanakan oleh PIU (Project Implementation Unit) dapat diteruskan oleh Program studi penerima hibah yaitu Teknik Elektronika dan Teknik Mesin. PIU PEDP PNC berharap output kegiatan yang dilakukan selama project dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan Politeknik Negeri Cilacap.

Leave a Reply