TENTANG PNC

Lambang

Lambang Politeknik Negeri Cilacap merupakan perpaduan Logotype dan Logogram, yaitu penggabungan antara bentuk visual grafis dan huruf/font. Secara keseluruhan, elemen pembentuk logo terdiri dari tiga deskripsi.

Deskripsi Lambang

Visual pertama adalah dua buah lingkaran, yaitu lingkaran dalam dan luar. Lingkaran dalam bermakna internal, yaitu mempresentasikan sebuah institusi yang memiliki kinerja yang baik, semangat, berdedikasi tinggi, bertanggung jawab, dan memiliki loyalitas tinggi terhadap institusi. Lingkaran luar bermakna eksternal, yaitu pengabdian kepada masyarakat dan bangsa, untuk menciptakan generasi yang kreatif, cerdas, tangguh, dan berbudi pekerti luhur.

Makna sebuah lingkaran secara utuh adalah sebuah kesatuan, berkesinambungan, kekokohan, dan harmonisasi.

Visual kedua adalah gambar gerigi, yang memiliki makna sebuah proses kegigihan atau semangat kerja keras secara terus menerus yang pantang menyerah.

Visual ketiga adalah bentuk bangunan kokoh berjajar yang berbeda warna, yang mempresentasikan 3 semangat utama dalam Politeknik Negeri Cilacap, yaitu:

  • Profesionalisme
  • Teknologi dan Modernitas
  • Kesuksesan dan Kejayaan

Ketiga semangat ini diharapkan mampu menjadi energi positif untuk mewujudkan visi dan misi Politeknik Negeri Cilacap sebagai institusi pendidikan.

Deskripsi Warna

Selain bentuk, warna merupakan salah satu elemen penting dalam desain. Sebab sadar atau tidak, setiap warna akan memberikan efek tersendiri bagi suatu desain logo. Setiap warna, bahkan hitam atau putih sekalipun, mengandung arti dan makna tersendiri yang dapat menyampaikan pesan tertentu. Makna psikologis merupakan efek dominan dalam pewarnaan sebuah logo.

  • Hitam pada gerigi roda memiliki makna kreatif, pantang menyerah, tangguh dan berpendirian teguh.
  • Biru bermaka profesionalisme, pemikiran yang positif, integritas tinggi dan ketulusan.
  • Abu-abu bermakna teknologi dan modernitas.
  • Kuning emas bermakna kesuksesan, inovatif, dan semangat yang menyala.

Deskripsi Teks/Font

Dalam logo ini, font yang digunakan adalah Franklin Gothic Medium. Font ini dipilih karena memiliki karakter elegan, modern, dan sederhana.