Lakukan Perbaikan Tata Kelola Kearsipan Desa Widarapayung Wetan, Tim PKM Dosen Politeknik Negeri Cilacap Bangun Aplikasi dan Berikan Pelatihan Sistem Kearsipan.

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Cilacap, Ratih Hafsarrah Maharani, S.Kom.,M.Kom, Prih Diantono Abda’u, S.Kom.,M.Kom., Muhammad Nur Faiz, S.Kom.,M.Kom., dan Agus Susanto, S.Kom., M.Kom., Oman Somantri, S.Kom.,M.Kom., Santi Purwaningrum, S.Kom.,M.Kom dan  Hety Dwi Hastuti, S.E.,M.Si Bangun aplikasi dan pelatihan sistem kearsipan di Desa Widarapayung Wetan. Pelatihan ini diberikan dalam upaya penerapan iptek bagi staff Kantor Desa Widarapayung Wetan dalam peningkatan tata kelola pengelolaan arsip digital dengan menerapkan penggunaan teknologi informasi berbasis website.

PENGABDIAN PNC — Dalam upaya penerapan iptek bagi staff Kantor Desa Widarapayung Wetan dalam peningkatan tata kelola pengelolaan arsip digital dengan menerapkan penggunaan teknologi informasi berbasis website, tim Dosen Pengabdian Kepada Masyarakat  Politeknik Negeri Cilacap adakan pelatihan kearsipan, Kamis-Jumat (21-22/10/21). Kegiatan pelatihan ini dibuka oleh Kepala Desa Widarapayung Wetan dan diikuti seluruh staff perangkat Desa sebagai peserta kegiatan.

Kegiatan yang dilaksanakan adalah untuk meningkatkan  keamanan informasi surat menyurat sehingga dapat terjaga  serta tata kelola administrasi di tempat tersebut menjadi lebih baik untuk kelancaran pelayanan publik. Selain itu diharapkan agar seluruh perangkat desa dapat lebih mengetahui bagaimana sebuah sistem tata kelola persuratan dinas yang baik agartidak terjadi kesalahan dalam sistem kearsipan dan persuratan.

Dalam sambutannya Kepala Desa Widarapayung Wetan Sumarno, S.Pd mengharapkan seluruh peserta agar dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik dan dapat mengimplementasikannya. “Saya mengucapkan terima kasih kepada Tim PKM Dosen Politeknik Negeri Cilacap yang sudah menginisiasi kegiatan ini, karena inilah salah satu permasalahan di desa kami yang harus segera diperbaiki”, pungkasnya.

Selaku ketua tim PKM Ratih Hafsarrah Maharani, S.Kom.,M.Kom yang didampingi anggota tim Prih Diantono Abda’u, S.Kom.,M.Kom., Muhammad Nur Faiz, S.Kom.,M.Kom., dan Agus Susanto, S.Kom., M.Kom., mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah kewajiban sebagai Dosen melaksanakan kegiatan Tri Dharma yaitu pengabdian masayarakat, upaya yang dilakukan ini merupakan salah satu kontribusi kami dalam mengatasi permasalahan yang terjadi di Desa Widarapayung yaitu masalah tata kelola kearsipan.

Ditempat yang sama, anggota tim lain Oman Somantri, S.Kom.,M.Kom., Santi Purwaningrum, S.Kom.,M.Kom dan  Hety Dwi Hastuti, S.E.,M.Si menjelaskan bahwa kegiatan yang dilakukan tujuan utamanya adalah membangun sebuah aplikasi komputerisasi dalam bentuk sistem informasi kearsipan yang dapat digunakan dan dimanfaatkan di kantor Desa Widarapayung Wetan. Lebih jauh lagi, terdapat dua kegiatan lain yang dilakukan dalam upaya peningkatan pengetahuan bagi staff Desa Widarapayung yaitu bimtek manajemen pengelolaan kearsipan dan tata naskah dinas di lingkungan pemerintah daerah, dan pelatihan penggunaan dan implementasi sistem informasi kearsipan.

Sementara itu, salah seorang peserta kegiatan tidak dapat menyembunyikan rasa bersyukurnya karena dengan dibangunnya sistem informasi kearsipan di desa Widarapayung dan pemberian pelatihan ini dapat memberikan solusi dan kemudahan yang selama ini dialami. “Kami sangat senang tim PKM PNC sudah membuat aplikasi kearsipan untuk kami, selain itu pengetahuan kami mengenai tata kelola kearsipan dapat bertambah”, pungkasnya. – (Humas PNC_Jtmk)

Prih Diantono Abda’u, S.Kom.,M.Kom., sedang melakukan pemaparan Sistem Manajemen Pengelolaan Kearsipan
Ketua tim PKM Ratih Hafsarrah Maharani, S.Kom.,M.Kom ,Santi Purwaningrum, S.Kom.,M.Kom dan  Hety Dwi Hastuti, S.E.,M.Si dan Kepala Desa Widarapayung Wetan Sumarno, S.Pd sedang memberikan pemaparan materi Manajemen Pengelolaan Kearsipan kepada peserta Bimtek

Leave a Reply