Bulan suci Ramadhan menjadi waktu yang mulia bagi seluruh umat Islam di seluruh dunia. menjalankan ibadah puasa memiliki banyak keutamaan baik untuk diri sendiri maupun hubungan sesama manusia serta hubungan dengan Allah SWT.  Hikmah menjalankan ibadah puasa berkaitan erat dengan amalan puasa yang dijalani, tidak terbatas hanya dengan menahan lapar dan dahaga, namun berkaitan pula dengan menjalankan amalan ibadah puasa Ramadhan lainnya, seperti bersedekah, itikaf, membaca Al-Qur’an, shalat tarawih, menghindarkan diri dari perbuatan yang haram, serta kegiatan lain dalam kehidupan ini.

Seperti hal nya kegiatan yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin (HMTM) bersama Dosen dan PLP dalam acara Bukber Kurma dengan mengambil Tema “Indahnya Ramadhan Dengan Berbagi Kebahagiaan” pada hari Rabu, 12 April 2023 atau Ramadhan 1444 H. Kegiatan tersebut tidak hanya acara buka puasa bersama di Jurusan Teknik Mesin, akan tetapi acara tersebut juga di isi dengan momen berbagi kebersamaan dengan saudara-saudara Anak Panti Asuhan yang didampingi oleh Pengurus Panti Asuhan Baitul Aitam. Ketua Pelaksana Muhammad Renza H. menyampaiakan bahwa acara ini akan terus diagendakan setiap tahun dan merupakan acara yang dari tahun ke tahun juga aktif dilaksanakan di setiap Jurusan termasuk Jurusan Teknik Mesin. Hadir pula dalam acara tersebut Wakil Direktur Bidang Akademik Bapak Bayu Aji Girawan yang menyampaikan sambutannya bahwa kegiatan kemahasiswa terus didorong agar aktif dalam kehidupan kampus, hal ini juga yang disampaikan oleh Ditjen Diksi Bahwa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi sangat mendukung keaktifan kegiatan-kegiatan yang dibangun oleh mahasiswa baik melalui Unit Kegiatan Mahasiswa maupun kegiatan lainnya.

Sementara Ketua Jurusan Teknik Mesin dalam sambutannya juga menyampaikan perihal kegiatan-kegiatan akademik baik mahasiswa semester 2, 4, dan 6 agar terus meningkatkan  prestasi akademiknya melalui pengaturan waktu belajar dan lebih sering mencari sumber ajar/bahan ajar sebagai sumber bacaan mahasiswa. Disaampaikan juga teruntuk saudara-saudara dari panti asuhan bahwa Politeknik Negeri Cialacap sangat terbuka dan menerima bagi Anak-anak yang kurang mampu ingin melanjutkan studi di Politeknik Negeri Cialacap melalui jalur prestasi atau beasiswa yang telah disediakan.

Tausiyah/ santapan rohani di isi oleh Bapak Ustad Ahmad Guntoro dalam ceramahnya yang mengambil tema “Sedekah dan Keutamaan”

Keutamaan Bersedekah

Allah SWT benar-benar memuliakan orang-orang yang bersedekah. Ia menjanjikan banyak keutamaan dan balasan yang menakjubkan bagi orang-orang yang gemar bersedekah. Terdapat ratusan dalil yang menceritakan keberuntungan, keutamaan, kemuliaan  orang-orang yang bersedekah. Maka, sungguh mengherankan bagi orang-orang yang mengetahui dalil-dalil tersebut dan ia tidak terpanggil hatinya serta tidak tergerak tangannya untuk banyak bersedekah.

Diantara keutamaan bersedekah antara lain:

  1. Sedekah dapat menghapus dosa.

Rasulullah SAW bersabda, “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614).
Diampuninya dosa dengan sebab sedekah di sini tentu saja harus disertai taubat atas dosa yang dilakukan. Tidak sebagaimana yang dilakukan sebagian orang yang sengaja bermaksiat, seperti korupsi, memakan riba, mencuri, berbuat curang, mengambil harta anak yatim, dan sebelum melakukan hal-hal ini ia sudah merencanakan untuk bersedekah setelahnya agar ‘impas’ tidak ada dosa. Yang demikian ini tidak dibenarkan karena termasuk dalam merasa aman dari makar Allah, yang merupakan dosa besar. Allah SWT berfirman, “Maka apakah mereka merasa aman dari azab Allah? Tiada yang merasa aman dan azab Allah kecuali orang-orang yang merugi.” (QS. Al A’raf: 99)

  1. Orang yang bersedekah akan mendapatkan naungan di hari akhir.
    Rasulullah SAW menceritakan tentang 7 jenis manusia yang mendapat naungan di suatu, hari yang ketika itu tidak ada naungan lain selain dari Allah, yaitu hari akhir. Salah satu jenis manusia yang mendapatkannya adalah, “Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.” (HR. Bukhari no. 1421)
  1. Sedekah memberi keberkahan pada harta.
    Rasulullah SAW bersabda, “Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR. Muslim, no. 2588)
    Apa yang dimaksud hartanya tidak akan berkurang? Dalam Syarh Shahih Muslim, An Nawawi menjelaskan: “Para ulama menyebutkan bahwa yang dimaksud disini mencakup 2 hal: Pertama, yaitu hartanya diberkahi dan dihindarkan dari bahaya. Maka pengurangan harta menjadi ‘impas’ tertutupi oleh berkah yang abstrak. Ini bisa dirasakan oleh indera dan kebiasaan. Kedua, jika secara dzatnya harta tersebut berkurang, maka pengurangan tersebut ‘impas’ tertutupi pahala yang didapat, dan pahala ini dilipatgandakan sampai berlipat-lipat banyaknya.”

Acara ditutup dengan kegiatan Sholat Tarawih bersama di Masjid Kampus Al Hadid yang diikuti oleh mahasiswa dan Dosen serta PLP Jurusan Teknik Mesin.

PENYERAHAN BANTUAN KEPADA PENGURUS PANTI ASUHAN BAITUL AITAM
Mohammad Nurhilal, ST, M.Pd., M.T. – Ustad Ahmad Guntoro – Ketua HMTM – Dian Prabowo, S.T.,M.T.