Gebrakan Iptek, Dosen PNC Gandeng Peternak Sapi Membuat Pupuk Padat Berbentuk Pelet Dari Kotoran Ternak dan Kompos

Humas PNC – Dosen Politeknik Negeri Cilacap (PNC) pada Kamis tanggal 4 November menggelar Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Widarapayung Wetan Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap melalui pengolahan limbah ternak menjadi pupuk dalam bentuk pelet. Kegiatan yang dilakukan bertujuan meningkatkan ekonomi masyarakat sekaligus memanfaatkan kotoran ternak dan kompos.

Kepala Desa, Sumarno,S.Pd , mengatakan “Banyak peternak sapi yang membuang kotoran atau limbah ternak karena tidak mengetahui cara pemanfaatannya”.

Sebagaimana diketahui, kotoran sapi yang masih basah akan menimbulkan pencemaran bau dan jika kotoran sapi digunakan langsung sebagai pupuk tanaman, maka dari segi estetika lingkungan terlihat seperti limbah kotoran sapi dan baunya akan mengundang lalat sehingga, tanaman terlihat kotor dan tidak indah untuk dilihat. Sedangkan, kompos menggunakan sekam padi/arang sekam padi ataupun sampah dedaunan basah dan kering.

Tim pengabdi PNC yang diketuai oleh Nurlinda Ayu Triwuri, S.T.,M.Eng., beserta Anggota yaitu Oto Prasadi,S.Pi.,M.Si, Ilma Fadlilah,S.Si.,M.Eng, Dwi Novia Prasetyanti,S.Kom.,M.Cs, Ayu Pramita,S.T.,M.M.,M.Eng, Fadhillah Hazrina,S.T.,M.Eng dan Laura Sari,S.Si.M.Sc, melakukan survey masalah dan potensi yang ada di Desa Widarapayung Wetan, melalui wawancara dengan perangkat desa. Hasilnya, dilakukan penerapan teknologi pengolahan limbah dengan kegiatan Pembuatan Pupuk Organik Padat Berbentuk Pelet Dari Campuran Kotoran Ternak dan Kompos Di Desa Widarapayung Wetan. Tim berharap dengan kegiatan yang dilakukan dapat memberikan manfaat untuk mengurangi bau limbah kotoran ternak dengan cara warga memproduksi campuran pupuk kandang dan kompos berbentuk pellet, sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Widarapayung Wetan.

Diakhir sambutannya, Kepala Desa Widarapayung Wetan, Sumarno, S.Pd., menyampaikan sangat berterima kasih dan berharap dengan pendampingan dari Politeknik Negeri Cilacap, Desa Widarapayung dapat cepat berkembang dan maju sehingga akan membawa hasil dapat meningkatkan daya tarik untuk pariwisata sekaligus akan menjadi ciri khas inovasi bagi masyarakat Desa Widarapayung.- (Jtmk)

Foto bersama Kepala Desa Widarapayung Wetan dan Tim Pengabdi Politeknik Negeri Cilacap
Dari Kiri ke Kanan Sumarno,S.Pd – Kepala Desa Widarapayung Wetan, Oto Prasadi, S.Pi.,M.Si, Ilma Fadlilah,S.Si.,M.Eng, Dwi Novia Prasetyanti,S.Kom.,M.Cs, Laura Sari,S.Si.,M.Sc.,Nurlinda Ayu Triwuri,S.T.,M.Eng, Ayu Pramita,S.T.,M.M.,M.Eng
Pemaparan mengenai pemrosesan pembuatan pupuk berbentuk pellet
Hasil produk pupuk berbentuk pellet
Pemaparan mengenai perawatan mesin cetak pellet

Leave a Reply