DOSEN POLITEKNIK NEGERI CILACAP MELAKSANAKAN KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DI DUSUN BONDAN, DESA UJUNG ALANG, KAMPUNG LAUT – CILACAP

Beberapa Dosen Politeknik Negeri Cilacap telah melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Di Dusun Bondan, Desa Ujung Alang, Kecamatan Kampung Laut – Cilacap. Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, Tim pengabdian Politeknik Negeri Cilacap membuat sistem peralatan Desalinasi Air Payau. Program Desalinasi Air Payau dibuat untuk mengatasi kesulitan air diwilayah tersebut yaitu dengan mengubah air payau menjadi Air yang siap konsumsi. Program Desalinasi Air Payau ini berkapasitas 240 liter/jam.

 

Ruang Instalasi Pengolahan Air Payau

Menurut Ketua Tim Pelaksana Pengabdian DR.Eng. Agus Santoso, bahwa terpilihnya Dusun Bondan sebagai objek Pengabdian kepada masyarakat oleh beberapa dosen PNC, adalah didasarkan dari hasil pemetaan sosial yang digagas oleh PT. Pertamina RU IV Cilacap. Dusun Bondan merupakan salah satu dusun yang terletak di daerah perairan pasang-surut. Berbagai permasalahan muncul di dusun bondan akibat penggunaan air yang tidak memenuhi standar baku mutu air sanitasi, diantaranya menyebabkan timbulnya beberapa penyakit. Krisis air yang dialami oleh warga dusun bondan ini menjadi lebih parah ketika musim kemarau mengingat air yang terdapat di dusun ini merupakan air dengan salinitas dan kandungan padatan terlarut yang tinggi. Masyarakat harus mengeluarkan biaya yang tinggi untuk mendapatkan air bersih, dengan jarak tempuh yang cukup jauh. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka diperlukan sebuah alat desalinasi yang mampu memproduksi air yang sesuai dengan standar baku mutu.

Dengan melihat adanya kondisi masyarakat tersebut, maka Pertamina RU IV Cilacap melalui program CSR menggandeng beberapa dosen Politeknik Negeri Cilacap untuk melaksanakan Program Desalinasi Air Payau Kapasitas 240 liter/jam di Dusun Bondan. Kegiatan tersebut juga diwujudkan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah salah satu wujud sumbang pemikiran dan kemampuan dalam hal pengetahuan serta keilmuan dalam rangkaian kegiatan penerapan teknologi bagi masyarkat berupa konsultasi, perancangan, dan pendampingan pelaksanaan kegiatan dari dosen-dosen di Politeknik Negeri Cilacap kepada masyarakat.

Untuk mensukseskan terwujudnya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini PNC bekerjasama dengan PT.Pertamina yaitu melalui Program CSR Pertamina yang kemudian program ini diberi nama SIDESI MAS yaitu Sistem Desalinasi Air Berbasis Masyarakat dan Program ini telah diresmikan Pengoperasiannya oleh General Manager PT. Pertamina RU IV Joko Pranoto pekan lalu. Dengan diresmikannya ini maka warga Dusun Bondan – Desa Ujung Alang- Kecamatan Kampung laut. telah mendapatkan air tawar baku yang siap di konsumsi. Adapun Tim Pelaksana kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu :

1. Dr. Eng. Agus Santoso                 : Ketua Pelaksana

2. Bayu Aji Girawan, M.T.                 : Anggota

3. Joko Setia Pribadi, M.Eng.          : Anggota

4. Supriyono, M.T.                             : Anggota

5. Imam Abdu                                    : Anggota

6. Dinar Arianto                                 : Anggota

 

Pelatihan Pengoperasian dan Perwatan SiDeSi Mas

 

Pelatihan Pengoperasian dan Perwatan SiDeSi Mas

 

Pelatihan Pengoperasian dan Perwatan SiDeSi Mas

 

Foto bersama Tim pengabdian PNC dan Pserta Pelatihan Pengoperasian dan Perwatan SiDeSi Mas

Leave a Reply