DESIMINASI DAN PELATIHAN PEMANFAATAN PANEL SURYA PADA SEMAI TANAMAN HIDROPONIK DI KWT “SEKAR ARUM”

CILACAP – Tim Pengabdian Dosen Politeknik Negeri Cilacap (PNC) memberikan pelatihan pembibitan tanaman hidroponik dengan menggunakan Nursery Chamber yang memanfaatkan Panel Surya  bagi masyarakat perkotaan yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) Sekar Arum Kelurahan Sidakaya Cilacap Selatan. Pasalnya KWT Sekar Arum belum mengetahui teknik pembibitan tanaman hidroponik yang tepat, serta adanya pembatasan kegiatan masyarakat di masa pandemi Covid yang menyebabkan terhentinya kegiatan budidaya tanaman hidroponik.

Tim Dosen dari PNC diketuai oleh Artdhita Fajar Pratiwi ST M.Eng. Sedangkan Anggota terdiri dari Sari Widya Utami SP., MSc, Galih Mustiko Aji, ST., MT dan Ari Kristiningsih, S.Kel., MSi. Diseminasi dan pelatihan pemanfaatan panel surya pada Nursery Chamber untuk semai tanaman hidroponik dilaksanakan pada 9 -18 Juni 2021. Rangkaian kegiatan terdiri dari pengenalan dan pengoperasian nursery chamber, teknik penyemaian, perawatan bibit, serta proses pindah bibit tanaman ke instalasi hidroponik.

Budidaya tanaman hidroponik dengan memanfaatkan lahan sempit mulai banyak diminati terutama di wilayah perkotaan. Selain sebagai pemenuh kebutuhan sayur sehat untuk keluarga, nilai estetika yang dihasilkan juga memberikan daya tarik tersendiri. Apalagi di masa pandemi, budidaya hidroponik menjadi salah satu kegiatan yang produktif.

Sayangnya, tidak semua warga/anggota KWT mampu menghasilkan bibit sendiri. Hal ini disebabkan ketidaktahuan teknik penyemaian dan perawatan bibit tanaman hidroponik.

“Dengan menggunakan nursery chamber ini, pembibitan tanaman hidroponik ini akan lebih mudah karena beberapa hal terkontrol otomatis, seperti pemberian nutrisi dan pencahayaannya. Selain itu listrik yang digunakan juga lebih hemat karena memanfaatkan panel surya” kata Artdhita.

Harapan dari tim pengabdian, selain meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota KWT dalam menghasilkan bibit tanaman hidroponik, pelatihan ini mampu menghidupkan kembali kegiatan budidaya tanaman hidroponik di Bank Sayur KWT maupun di lingkungan tinggal anggota/masyarakat.

Menurut tim dosen dari PNC, proses pembibitan tanaman hidroponik memang membutuhkan  ketelatenan dan teknik yang tepat. Dengan penggunaan nursery chamber , faktor lingkungan lebih terkontrol baik dari hama, cahaya maupun kecukupan nutrisinya. Sehingga bantuan nursery chamber ini memudahkan anggota KWT dalam menghasilkan bibit tanaman hidroponik.

“Anggota KWT sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pelatihan dengan memberikan berbagai pertanyaan karena selama ini belum tahu bagaimana teknik pembibitan tanaman hidroponik dan perawatannya yang tepat” ujar Artdhita. (Humas PNC-jtmk)

Leave a Reply